Tuesday, 28 September 2010

Cara Tepat Untuk Menulis Artikel Pendek

Apakah sulit untuk menulis sebuah artikel? Sebenarnya tidak juga. Pertama, saya akan memberitahu Anda bahwa Anda akan menemukan beberapa keuntungan dengan menulis artikel pendek. Kedua, saya akan memberikan tips tentang bagaimana menulis sebuah artikel pendek dengan cepat, mudah, dan padat.

Manfaat Menulis Artikel Pendek

1. Kebanyakan pembaca kurang suka dengan artikel yang panjang karena akan menghabiskan banyak waktu.
2. Artikel pendek membuat pembaca untuk mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah.
3. Memancing pembaca untuk membaca artikel lain yang pernah kita buat.
4. Artikel pendek memberikan efek psikologis yang lebih mendalam.
5. Artikel pendek tidak membuat pembaca cepat bosan.
6. Artikel pendek dengan pemilihan keyword yang tepat akan lebih efektif.

Ada 2 tujuan dalam membuat sebuah artikel.

1. Untuk membangun kredibilitas bagi pembaca Anda dengan membuat artikel pendek yang bermutu. Pembaca akan memberikan penghargaan bagi anda meskipun artikel yang Anda buat cukup singkat. Ingat istilah “Content is King”. Kalo artikel yang Anda buat berkualitas, otomatis pengunjung yang datang akan menjadi pengunjung setia blog Anda.
2. Untuk mendapatkan backlink. Untuk tujuan mendapatkan backlink, Anda bisa submit artikel yang Anda buat ke banyak artikel direktori gratis seperti EzineArticles, GoArticles, dll. Mengingat artikel direktori sangat disukai google dan PRnya biasanya tinggi. Jadi sangat baik untuk mendapatkan backlink dari artikel direktori.

Jadi, Bagaimana cara yang tepat untuk menulis artikel pendek?

1. Hidangan pembuka dan hidangan utama.
Ya, Anda tentunya ingin mendatangkan pengunjung untuk website utama anda. Jika Anda berhasil menarik perhatian pembaca dengan artikel pendek yang anda buat, maka mereka akan penasaran untuk mencari informasi lebih banyak dari Anda dengan menggunjungi website utama Anda. Cara ini digunakan jika anda menggunakan artikel direktori untuk menulis artikel pendek anda.
2. Pemilihan dan Penempatan Keyword.
Pemilihan keyword harus menjadi pertimbangan utama dalam membuat artikel, baik itu keyword yang pendek maupun yang panjang.
Pemilihan keyword yang tepat mempunyai pengaruh terhadap posisi artikel anda di mesin pencari. Penempatan keyword biasanya tersebar di seluruh bagian artikel dengan keyword density 2-3%. Usahakan anda menggunakan keyword utama di judul, paragraf pertama dan terakhir suatu artikel. Anda bisa gunakan Google Keyword Tool atau Free Keyword Tracker untuk memilih keyword yang tepat.
3. Tetap fokus dan konsisten.
Ketika menulis artikel pendek, keluarkan point yang penting saja. Jika mereka ingin membaca informasi yang lebih lengkap, mereka dapat mengunjungi website utama anda. Konsisten pada topik yang hendak dikemukakan. Fokus penting untuk menghindari penyimpangan alur penulisan.
4. Gunakan template.
Gunakan cara dasar mengarang waktu sekolah dulu. Ada 3 bagian dasar dalam membuat sebuah artikel yaitu bagian pembukaan, isi dan penutup. Nah, itu juga bisa kita gunakan untuk membuat artikel pendek. Masing-masing bagian, kita usahakan langsung pada inti. Jangan terlalu bertele-tele. Buat sesingkat mungkin namun tetap padat dan jelas.
5. Efektif dan efisien.
Hindari pengulangan kalimat yang tidak perlu. Buat kalimat maksimal sepanjang 1,5 baris. Usahakan juga setiap kalimat memiliki keterkaitan dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Karena dengan begini, meskipun pendek, pembaca akan menikmati artikel anda karena seolah-olah dia tidak membaca, tetapi mendengar. Maksudnya, seakan akan mereka mendengar kita berbicara.
6. Pastikan artikel Anda memiliki daging.
Ingat, pendek tidak berarti sembrono. Ketika Anda menulis artikel pendek, buat artikel yang lebih menitik beratkan inti dan kesimpulan dari website utama anda.
Ikuti tips ini dan Anda akan dapat membuat artikel pendek dengan cepat dan mudah, namun powerfull, bernilai tinggi, dan tentu saja akan menarik pembaca agar ingin lebih banyak membaca artikel lainnya yang Anda buat.

Semoga Bermanfaat dan Terinspirasi

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment