Tuesday, 6 July 2010

Berpikiran Terbuka (Open Minded)

Bersikap open minded berarti berpikiran terbuka mau menerima pendapat, alasan yang berbeda dan berbagai hal-hal baru. Tidak mudah  melakukan itu karena kita biasanya memiliki sifat ego yang kurang bisa menerima pendapat orang lain.


Seperti kita ketahui arus informasi berkembang begitu pesatnya, mungkin di negara lain orang sudah ada yang makan serangga tertentu. Coba perhatikan gaya berpakaian anak zaman sekarang juga berubah, umumnya mereka lebih senang memakai kaos agar lebih santai, kadang pakai jeans yang disobek lututnya, memakai anting dsb. Jjika kita tidak bisa menerima itu semua bisa menimbulkan konflik dalam diri, menganggap dunia sudah aneh dan bisa juga malah jadi stress.

Keuntungan dari bersikap open minded:

1. Menambah pengetahuan, dengan bersikap open minded  kita tidak membatasi diri hanya dengan hal-hal tertentu atau pengetahuan sendiri tetapi mau menambah pengetahuan dengan menerima pendapat orang lain dan mencari  informasi yang baru.

2. Lebih fleksibel jika ngobrol dengan orang tentang topik yang tidak kita sukai.  Karena tidak akan berdebat tetapi mau mendengarkan.

3. Lebih mudah menyelesaikan masalah dengan mengetahui lebih banyak informasi

4. Bisa lebih sukses dengan banyak pengetahuan, mau belajar lebih banyak, mudah bergaul tentunya mendorong seseorang lebih maju.

Apakah anda sudah bersikap open minded, jika belum belajarlah untuk open minded terhadap segala sesuatu.

Semoga Bermanfaat

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment