Tuesday, 1 June 2010

Trend Baru Promosi Bisnis Internet dengan Kontes SEO

Maraknya perhelatan kontes SEO belakangan ini nampaknya menjadi sinyal bahwa ajang kontes SEO selama ini yang kita temui di internet menjadi trend dan gaya baru cara berpromosi di internet
Tak dapat dipungkiri, efek dari ajang kontes SEO ini begitu besar peranannya dalam mendatangkan trafik. Bagaimana tidak, web Anda akan diperbincangkan kemana-mana oleh banyak orang. Dahulu belum terbayangkan kalau ada promosi penjualan yang tak kalah dahsyat kontes SEO ini.

Momentum booming-boomingnya SEO contest seperti ini nampaknya menjadi pemicu pemilik produk ataupun jasa untuk tidak mau ketinggalan dengan ikutan menyelenggarakannya.

Dan yang terakhir ini adalah Negeriads.com sebuah situs jaringan PPC lokal baru dengan topik Negeriads.com solusi berpromosi sebagai kata kunci yang diperebutkan.

Lantas seberapa besar efek kontes SEO dalam mendongkrak trafik dan berapa modal yang dibutuhkan untuk menyelanggarakannya ?

1. Lonjakan Traffic
Sudah jelas dengan mengadakan kontes  SEO akan membuat traffic menjadi naik. Apalagi dengan memberi imbalan bagi orang yeng menyebarkannya. Belum lagi para blogger yang mulai melakukan optimasi dengan menulis artikel yang secara tidak langsung memberi pengumuman yang juga akan dibaca pembaca setia blog mereka.

Tentunya orang yang membacanya juga akan mengunjungi web penyelenggara SEO tersebut dan secara tidak langsung mereka juga melihat iklan-iklan yang ditayangkan penyelanggara tersebut. Anda bisa dapati web-web dan blog-blog yang telah mengadakan kontes SEO ini alexanya melonjak drastis dari sebelumnya.

2. Popularitas & Branding
Selain trafik melonjak, popularitas situs dan orang yang menyelanggarakannya (apabila individu) akan melesat dengan cepat. Sebagaimana disebutkan sebelumnya orang-orang akan berlomba-lomba memeperbincangkan baik dari kalangan kontestan itu sendiri maupun yang bukan.

Mereka akan berbicara kesana kemari dan saling memberi info dari mulai posting di blog, update status di situs jejaring seperti Facebbok dan Twitter,  sampai ke forum- forum. Anda bisa bayangkan begitu cepat dan mudahnya popularitas itu didapat.

Ini tentu menjadi modal yang sangat berharga dalam membangun kepercayaan bisnis di internet karena dengan sendirinya pasar akan lebih mengenal. Dan ini tidak hanya terjadi ketika kontes saja, tapi juga setelahnya karena para blogger telah memberikan review di blognya yang tentu akan terpost selamanya (jika tidak dihapus).

3. Memperoleh Banyak Inbound Link Gratis
Selain poularitas di mata pegguna internet, situs Anda juga menjadi populer di mata search engine. Ya, ini adalah buah tersebarnya inboundlink (backlink) yang telah ditanam oleh peserta.
Enaknya lagi, Anda bisa menentukan spesifikasi kata kunci yang diperebutkan. Misalnya saja Anda menginginkan keyword “internet marketing” sebagai keyword yang diperebutkan, maka tanpa melakukan optimasi SEO offpagepun web Anda melesat sesuai keyword yang Anda ingiunkan.

Atau yang terbaru ini seperti SEO contest Astaga.com dan Negeriads.com dengan mencantumkan nama domain mereka sebagai bagian dari keyword yang diperebutkan. Fungsinya tentu saja agar para peserta lebih banyak merekomendasikan produk atau jasa mereka.

Bahkan persyaratan yang diajukan Negeriads.com tidaktanggung-tanggung, mereka mensyaratkan agar para peserta memasang iklan banner dan menayangkan kode iklan di blog mereka.

Bisa Anda bayangkan, hadiah kontes yang diberikan dengan keuntungan yang akan mereka dapat melalui iklan mereka jauh lebih besar belum lagi ditambah keuntungan-keuntungan sebelumnya.

Dan yang tak kalah dahsyat lagi, selang beberapa minggu atau bulan setelah kontes, biasanya web Anda akan dihadiahi oleh Google berupa penambahan PR, tentunya ini akan mengangkat popularitas web di mata search engine dan Anda memudahkan memenangkan persaingan dalam perebutan keyword apapun.

Bukankah ini strategi promosi yang dahsyat ?

Untuk modal menyelanggarakan kontes SEO sendiri tergantung dari Anda. Berapapun budget yang Anda anggarkan, Anda tetap bisa mengadakan kontes. Tapi konsekuensinya adalah, semakin besar hadiah yang diperebutkan, biasanya pesertanya akan banyak. Sebaliknya, semakin kecil hadiah yang diberikan biasanya pesertanya juga minim.

Bahkan jika kita menengok ke belakang, seorang Blogger yang dengan budget 1.000.000 pun bisa mengadkan kontes SEO dan ada saja pesertanya. Efeknyapun tetap dahsyat, alexa blognya melonjak drastis belum lagi keuntungan-keuntungan yang lainnya.

Nah, bagaimana dengan Anda ?

Apakah Anda tidak tertarik menggunakan strategi marketing yang lagi ngetrend ini ?
Kalau Anda mau menambahkan, silahkan mengisi kolom komentar di bawah yang telah disediakan.

Semoga Bermanfaat

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment