Tuesday, 1 June 2010

Menaikkan Komisi Text Link Ads

Sebagian besar pasti tau atau pernah mendengar Text-Link-Ads, sebuah usaha periklanan dimana publisher (penayang) dan advertiser (pengiklan) dapat bertemu untuk menjual atau membeli link text pada website atau blog.
Program affiliasi dari TLA memungkinkan anda mendapat USD 25.00 untuk setiap penayang atau pengiklan yang anda bawa ke website mereka.
Untuk membuktikan pembayaran, seorang penayang yang anda bawa harus memasang script iklan mereka di website penayang tersebut dalam kurun tujuh hari. Pengiklan yang anda bawa akan diperhitungkan dalam akun affiliasi anda dalam 24 jam apabila pengiklan membeli sebuah link. Anda akan dibayar setiap tanggal 1 setiap bulannya, baik melalui check maupun Paypal. Sekarang mari kita lihat bagaimana kita bisa menghasilkan uang dengan turut bergabung dalam program affiliasi Text-Link-Ads.

Memperbaharui Letak Iklan-Membuat Pembaca Meng-Klik.
Peletakan iklan yang jelek adalah salah satu masalah utama yang menyebabkan rendahnya tingkat konversi. Menempatkan banner grafik atau link teks pada lokasi strategis di sepanjang website anda dapat membawa peningkatan orang untuk mendaftar/ signup.
Membuat pengunjung untuk meng-klik sebuah iklan adalah langkah awal untuk mendapatkan tingkat konversi yang berhasil.
Pendapat ini diperkuat hasil kajian eyetracking yang menganalisis pergerakan mata yang dilakukan oleh Jacob Nielsen seperti tertuang dalam laporan tentang Banner Blindness.
Disini, Nielsen mengajukan rekomendasi dalam merancang website :
Satu item yang secara visual terpisah dari yang lainnya didalam halaman web, bisa jadi terlewati pengunjung web, bahkan oleh pengunjung yang secara khusus sengaja mencari informasi yang terkandung dalam item tersebut.
Desainer web harus selalu memperhatikan kenyataan bahwa memberi perbedaan visual antara item-item “penting” dengan item “biasa” , adalah suatu hal yang sangat penting.
Setiap item yang secara visual berbeda dalam halaman harus digandakan dalam sekumpulan link, dengan begitu, apabila pengunjung melewati item-item penting mereka masih bisa mendapatkan yang dicarinya melalui navigasi biasa.

Kendala konversi – Persyaratan affiliasi TLA
Meskipun anda telah berhasil membawa pengunjung untuk meng-klik iklan TLA, masih ada faktor lain yang harus dilalui agar anda mendapat komisi.
Dua tantangan utama agar pengunjung yang kita rujuk berhasil menjadi penayang yang potensial : Satu, website mereka harus memiliki Page Rank tertentu sebelum mereka boleh diterima dalam jaringan TLA. Kedua, mereka harus menempatkan script iklan TLA didalam website mereka dalam kurun 7 hari, sebelum mereka dihitung sebagai referral anda.
Singkat kata, pengunjung yang kita rujuk bukan hanya sekedar meng-klik dan mendaftar (sign up) sebagai publisher. Blog atau website yang diajukan bisa jadi tidak disetujui, atau publisher yang kita bawa tersebut tidak memasukkan script iklan kedalam website mereka.

Pengiklan TLA potensial – Sasaran yang mudah digarap.
Sebaliknya, pengiklan lebih mudah digarap dengan dua alasan. Pertama, TLA memiliki katalog penjual link yang sangat besar dan ternama, yang sangat menarik bagi pembeli link. Kedua, TLA menawarkan $100 dalam bentuk free link sebagai paket pemula bagi pengiklan, yang juga sangat menggoda bagi para pengiklan.

Enam Langkah memperbaiki penempatan iklan TLA anda

  • Letakkan iklan TLA pada bagian atas. Jangan biarkan pengunjung anda harus scroll kebawah untuk melihat iklan tersebut.
  • Pergunakan iklan banner TLA atau text link pada bagian akhir posting anda sebagai ajakan berbuat sesuatu.
  • Integrasikan TLA sebagai sebuah text link pada kategori blog anda atau bagian tautan (link). Hasil kajian juga menunjukkan bahwa link yang ter-highlight dapat menaikkan jumlah klik.
  • Ubahlah penempatan dan jenis iklan secara rutin dengan menggunakan script ad rotator.
  • Undanglah teman anda atau rekan sesama webmasters untuk menilai penempatan iklan anda. Pelajari komentar mereka dan, jika perlu, lakukan perubahan.
  • Buatlah halaman-tiba (landing pages) TLA yang khusus untuk pengunjung yang datang melalui mesin pencari. Temukan kata-kunci (keyword) yang digunakan pengunjung mencapai website anda. Konfigurasikan website anda agar sebuah pesan teks atau iklan banner hanya muncul saat pengunjung yang datang melalui mesin pencari melalui kata kunci tertentu.
Empat Trick untuk mengatasi Banner blindness TLA
  • Gunakan text link sugesti yang menggugah rasa ingin tahu, misalnya “Saya dapat duit dengan menjual link. Mau tau caranya?”
  • Hindari merek TLA. Beberapa pengguna kurang suka meng-klik text link yang sudah kerap dilihatnya.
  • Gunakan banner atau tombol buatan anda sendiri. Gambar dan grafik segar memancing keingintahuan.
  • Tautkan iklan TLA dengan squeeze page pada website anda. Dorong dan ajak pengunjung secara personal.
Tujuh Cara untuk mempromosikan tautan Affiliasi TLA anda
  • Gunakan signature pada forum untuk mempromosikan link anda. Tulis dan manfaatkan keanggotaan forum dengan banyak posting.
  • Manfaatkan Adwords dan kirim pengunjung ke halaman-tiba (landing page) website anda. Anda juga dapat memanfaatkan website yang popular. Coba simak yang diperbuat John Chow ke Darren Rowse.
  • Belilah blog posts dari jaringan pay-to-post. Arahkan blog post tersebut ke squeeze page pada blog atau website anda.
  • Kirim email secara personal kepada blogger yang anda kenal. Lebih baik apabila blogger tersebut belum tau tentang TLA.
  • Buatlah web page definitif yang khusus mempromosikan TLA dan affiliate link anda. Promosikan halaman web tersebut melalui pertukaran traffic blog.
  • Sponsorilah E-zine yang terkenal. Hal ini menciptakan peluang bagi anda untuk memasukkan link, baik ke website anda maupun web page anda yang khusus mempromosikan TLA.
  • Buat kesepakatan khusus dengan webmaster atau blogger lain. Ajak mereka mempromosikan affiliate link anda dan sebaliknya anda promosikan referral link mereka pada program affiliasi yang berbeda.
Empat Cara Menjamin agar Publisher dan Advertiser Mendaftar/Sign-up
Metode ini terbukti sangat jitu dan menjamin bahwa pengunjung anda akan mendaftar melalui link affiliasi anda.
Satu faktor penting agar pemakaian taktik ini berhasil bergantung pada pemahaman anda terhadap apa yang dikehendaki oleh publisher dan advertiser anda.
Advertiser membutuhkan traffic, peringkat di mesin pencari yang naik dan Page Rank yang tinggi. Publisher hanya membutuhkan uang yang berasal dari penjualan link. Pemahaman tentang faktor ini membuat anda memiliki penawaran yang tak bisa ditolak oleh kedua pihak tadi.
  • Buat sebuah kontes. Semua pengunjung yang mendaftar melalui link affiliasi anda akan diundi untuk mendapatkan hadiah uang tunai atau apa saja yang anda tawarkan.
  • Tawarkan cashback. Tawarkan persentase tertentu dari yang akan anda dapatkan bagi referral anda. Misalnya 50% dari komisi anda ($12.50).
  • Berikan free links. Nyatakan bahwa anda akan membuat satu halaman dan daftar semua publisher dan advertiser yang mendaftar melalui link affiliasi anda. Ingatkan dan nyatakan betapa bernilainya link dari website atau blog anda. Taktik ini sangat ampuh bagi blog yang populer.
  • Barter komisi. Lakukan kesepakatan khusus dengan pengunjung anda dengan menawarkan bahwa anda akan mendaftar melalui link referral mereka pada program affiliasi mereka yang lain dengan imbalan mereka mendaftar melalui link TLA anda.
Sebagian metode ini mungkin kontroversial dan mungkin tidak anda lakukan, meskipun ini adalah cara yang efektif membuat pengunjung anda menjadi referral anda.
Kemungkinan anda akan mendapatkan hasil yang lebih dibanding yang anda keluarkan sehingga cara ini dapat dipandang sebagai strategi yang efektif untuk memaksimalkan komisi affiliasi anda.

Ada dua alasan mengapa program affiliasi TLA ini sangat bernilai :
Pertama, komisinya tinggi. Andaikan anda hanya mendapatkan 1 orang pendaftar per hari, itu artinya anda memperoleh penghasilan $750 per bulan, yang saya pikir bukanlah penghasilan yang kecil.
Kedua, saat ini TLA telah membuka diri terhadap blogger dari Blogspot, yang artinya ada begitu banyak blogger diluar sana yang menunggu seseorang mengajak mereka untuk mendaftar ke jaringan yang dapat membantu merekamemberi penghasilan dari ngeblog.
Andakah seseorang itu? Atau anda akan biarkan orang lain mengambil kesempatan itu?
Semoga bermanfaat

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment