Wednesday, 2 June 2010

Cari di Om Google..

Search engine yang didirikan oleh dua mahasiswa Universitas Stanford Larry Page dan Sergey Brin ini sejak sejak kehadirannya terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Padahal kalau kita bandingkan dengan search engine lain seperti Yahoo dan MSN, Google tampil sangat sederhana yang kalau kita temui websitenya langsung khususnya di halaman utama hanya berupa form yang khusus digunakan user dalam mencari informasi.


Bandingan dengan raksasa lainnya seperti Yahoo dan MSN, maka Anda Anda temui berita-berita terkini dan iklan-iklan yang menemaninya. Tapi karena kesederhanaannya inilah justru Google melesat begitu cepat dan meninggalkan pendahulunya tesebut, bahkan sebagian lain mengadakan kerjasama dan berusaha menjungkalkan supremasi sang rakasasa.

Kelebihan dan keunggulan Google justru karena kesederhanaannya yang fokus pada hasil pencarian. Dalam menampilkan hasil pencarian Google menyeleksi ketat dalam meranking suatu web, sehingga hasil pencarian benar-benar relevan dengan permintaan.

Bukan hanya pencari informasi saja yang banyak diuntungkan, sebagai pebisnis online kitapun juga banyak kecipratan, misalkan saja mereka  menawarkan peluang dari program periklanan utama mereka, yakni Google Adsense dengan menayangkan iklan di blog publisher tersebut.

Bagi mereka yang tidak ingin membuat blog, Google juga menawarkan cara promosi cepat dan tertarget yakni dengan program Google Adwordsnya. Mereka yang tidak punya dana untuk membuat blog, Google juga menyediakan platformya melalui Blogspot, mereka juga menyediakan fasilitas email gratis yang hampir aman dari SPAM yakni GMAIL.

Jangan lupakan pula Google Earth, dengannya kita bisa meneropong bumi dengan hanya menggerakkan mouse yang ada di tangan. Tak mau kalah dengan  browser-browser lain, Google juga meluncurkan Google Chrmoe untuk berselencar lebih cepat dan aman.

Dalam menjalankan bisnis online, tentunya banyak rintangan-rintangan yang kita hadapi, mulai dari masalah yang  sederhana sampai masalah yang rumit, dan Google bisa membantu memecahkan rintangan tersebut.
Untuk itulah, jika Anda menemuai masalah dan rintangan dalam perjalanan bisnis, maka jangan sungkan untuk minta bantuan dan jadikan Google sebagai pelayan marketing Anda, bukankah saat ini Google adalah perpustakaan besar dunia.

Dari sini sebagai pebisnis online kita bisa mengambil banyak pelajaran darinya, dan diantara yang banyak tersebut ada beberapa yang saya kira sangat fundamental, yaitu prinsip “Siapa yang banyak memberi, maka akan banyak pula menerima”, satu lagi, “Kesederhanaan yang bernilai besar adalah kekuatan yang luar biasa” .
Coba Anda perhatikan uraian-uraian di atas, semua yang disajikan Google, baik yang gratis sampai yang berbayar, selalu membawa manfaat besar bagi penggunanya.

Artinya apa ?

Sebagai pebisnis online, hal utama yang harus Anda fikirkan dalam menjual adalah: nilai apa yang bisa didapat oleh orang dengan apa yang Anda berikan”. Jika itu telah terpenuhi, bukan tidak mungkin apa yang kita mau, akan mudah kita dapatkan.

Maka tidak berlebihan dikatakan, “ANDA BERTANYA, GOOGLE MENJAWAB” sebagaimana headline artikel ini. Bukan berarti ini menafikan yang lain, karena faktanya memang demikian, banyak dari kegiatan bisnis online kita yang melibatkan Google.

Kalau Anda sendiri banyak bertanya ke mana ?

Semoga Bermanfaat dan Terinspirasi

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment