Tuesday, 1 June 2010

Cara Ngumpulin Prospek ( Leads)

Bagi seorang penjual atau bahasa kerennya marketer,”prospek” atau “leads” atau “calon customer” adalah harta yang sangat berarti ,saking pentingnya banyak marketer memberi ungkapan “money is in your list” duit itu ada di dalam listmu (daftar prospek).
 
Maka tak heran banyak perusahaan besar yang rela mengeluarkan ratusan ribu dollar untuk mendatangkan lead,atau membayar untuk setiap lead dengan nilai yang lumayan bagi seorang “traffic broker” atau broker lead.Dengan memiliki ribuan lead dalam data base autoresponder anda,maka anda akan bisa melakukan penawaran produk secara berkelanjutan kepada para calon pelanggan maupun pelanggan anda,dan tentu saja konversi terjadi nya sales yang cukup besar adalah harapan kita sebagai marketer.

Beberapa metode mengumpulkan leads (list building) :

 
1. Menawarkan insentive kepada semua orang yang bersedia mengisi form opt -in (isian data) di auto responder yang kita pasang di semua website yang kita punya.Semakin menarik insentive yang kita tawarkan pasti semakin banyak orang yang bersedia mengisi data nya untuk kita.
2. Mengikuti join venture give away (JV give away) yaitu bergabung dengan penyelenggara sebuah program untuk bagi-bagi gift (hadiah atau insentive) dengan maksud mendapatkan lebih banyak prospek baik yang kita peroleh dari lead peserta lain maupun dari lead baru yang kita dapatkan sendiri.Tentu saja bonus atau insentive yang akan kita bagikan adalah produk yang unik dan menarik yang nggak pasaran,supaya orang suka dan cenderung memilih kita untuk mengisikan data mereka sebagai leads.
3. Program viral marketing, caranya juga lebih simple, untuk kita bergabung menjadi member program viral marketing,yang perlu kita siapkan adalah landing page (halaman tujuan) yang sudah mencantumkan form isian data bagi prospek kita nantinya,selanjutnya seperti biasa kita lengkapi insentive bagi yang bersedia mengisi dengan sesuatu yang menarik dan berguna, selanjutnya kita buat sedikit contextual ads atau iklan baris yang berisi tawaran agar orang tertarik mengeklik landing page kita. Nah nanti pihak penyelenggara viral marketing akan melakukan rotasi iklan kita tersebut sesuai point kredit yang kita punya,tugas kita tinggal mengumpulkan kredit saja. Dari mana dan bagaimana caranya? Kita bisa mengumpulkan kredit dari beberapa cara,baik merekomendasikan ke orang lain,maupun membaca dan mengeklik iklan-iklan peserta viral marketing lainnya, semakin banyak kredit maka semakin besar peluang iklan kita untuk di putar dan dibaca oleh peserta lain.

 
Ke tiga cara diatas adalah cara lambat (alias gratisan) —–> biasa kan kalo gratisan ya mesti mau sabar dan sedikit kerja keras.

 
Buat yang malas,tentu saja mesti mau merogoh kocek untuk biaya iklan.Anda tinggal menyiapkan landing page yang menarik,memberikan tawaran incentive yang menggiurkan dan buat form isian data yang “eye catching” menarik mata,lalu tinggal iklan kan melalui ppc marketing,baik adword,ysm atau lainnya, dan tunggu list anda bertambah dari hari ke hari dan bersiaplah untuk mendatangkan uang dari apapun yang ingin anda jual.

 
Dan ingatlah untuk melakukan kontak yang intens dan komunikasi dengan mereka agar mereka semakin percaya dan menjadi customer loyal bagi anda…so don’t wait anymore ….build your list now !!

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment