Wednesday, 23 June 2010

Blue Print untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Tertarik untuk memulai bisnis online sendiri, tetapi tidak yakin bagaimana dan dari mana memulainya? Banyak orang yang mencoba memulai bisnis online, tapi dengan cepat mengalami kegagalan karena mereka tidak memiliki rencana yang jelas sebagai panduan. Masalahnya menjadi besar ketika kita sadar ada begitu banyak informasi di internet yang mudah didapatkan terutama oleh para pemula yang justru bisa memenuhi pikiran mereka dengan informasi-informasi itu. Tapi jangan khawatir, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda terapkan.

Salah satu langkah yang sangat baik adalah dengan menggunakan sebuah cetak biru bagi Anda untuk membangun bisnis online dengan mudah.

Simak langkah-langkah berikut ini:

1. Temukan ceruk pasar yang Anda minati.
Untuk mengetahui apa yang Anda sukai dan minati dapat dilihat dari cara Anda menulis atau berbicara tentang hal itu. Jauh lebih mudah untuk menjual sesuatu bila Anda menyukai produk atau jasa yang Anda jual. Sebuah ceruk pasar merupakan fokus kita terhadap pelanggan potensial. Contohnya ceruk pasar Anda adalah fotografi. Jika Anda adalah seorang fotografer, Anda bisa terus menelusuri lebih dalam di pasar yang lebih luas dan mulai menentukan ceruk pasar untuk penjualan Canon EOS Rebel T2i yaitu para fotografer. Sekarang Anda memiliki target pasar yang sangat kuat yaitu para fotografer yang mencari kamera Canon EOS Rebel T2i, dan pada merekalah Anda bisa promosikan produk Anda.

2. Lakukan riset.
Yang paling penting, ketahui pasar Anda! Apa yang dibutuhkan pasar Anda? Apa solusi yang Anda miliki untuk memecahkan masalah mereka? Apakah pasar ini mau mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk Anda? Seberapa besar pasar Anda? Siapakah pasar Anda? Pahami apa yang mereka pikirkan dan latar belakang mereka. Salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengikuti forum pasar Anda itu dan baca pertanyaan-pertanyaan yang diposting di situ. Ini dapat memberikan banyak wawasan tentang ceruk pasar Anda. Sebaiknya Anda juga coba mencari di Google semua hal tentang pasar Anda.

3. Bagaimana Anda akan untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda jual kepada pasar Anda?
Iklan gratis atau yang berbayar? Jika ini baru pertama kalinya untuk Anda dan dana Anda tergolong kurang, maka mulailah dengan iklan gratis. Iklan gratis bisa berupa menulis artikel dan mengirimkannya ke direktori artikel, menulis di Squidoo.com, membuat sebuah blog gratis dan memposting artikelnya setiap hari, posting di forum, press release gratis atau bisa juga dengan iklan baris gratis. Karena bisnis online baru Anda dimulai dan Anda baru mulai mendapatkan keuntungan, masukkan kembali keuntungan yang Anda dapatkan itu ke bisnis Anda untuk membantu bisnis Anda tumbuh besar lebih cepat. Mulailah menggunakan beberapa iklan berbayar, seperti PPC (pay per click) atau iklan ezine. Ada banyak cara untuk beriklan dan banyak buku yang ditulis bahkan tentang masing-masing kategori, sehingga kita tidak akan membahasnya lebih rinci tentang bagaimana setiap jenis iklan di sini.

4. Buatlah catatan yang akurat untuk membandingkan apa yang sudah Anda keluarkan dengan apa yang Anda dapatkan.
Anda bisa bandingkan berapa yang sudah Anda bayar untuk iklan pay per click dengan hasil penjualan Anda. Jadi, misalnya Anda menjual produk untuk sebanyak Rp 30.000,- dan Anda membayar Rp 500,- per klik dan rasio penjualan Anda adalah 1:60 (1 penjualan dari 60), artinya Anda tidak menghasilkan uang. Ini akan membuang waktu Anda, sehingga sangat penting untuk menyimpan catatan yang akurat tentang semua pengeluaran dan penghasilan Anda.

5. Bersiaplah!
Seperti iklan Nike, “Just Do It”! Anda sekarang sudah memiliki ceruk pasar, Anda memiliki produk, Anda tahu bagaimana Anda akan beriklan dan Anda tahu semua biaya yang Anda keluarkan. Jangan terganggu oleh email, twitter, surfing dan hal lainnya. Memang di sini perhatian Anda akan sangat mudah teralihkan, sehingga tetap fokus pada pengembangan bisnis online baru Anda.

Sekarang Anda tahu cara untuk memulai bisnis online Anda sendiri, dan penting diingat bahwa ini bukanlah sebuah skema untuk cepat menjadi kaya. Dengan meningkatkan produktifitas Anda setiap hari, Anda akan mulai melihat keberhasilan kecil, dan keberhasilan ini akan tumbuh menjadi keberhasilan besar. Bersabarlah, teruslah memotivasi diri untuk maju dan semua kerja keras Anda akan terbayar dengan kesuksesan bisnis online Anda.

Semoga bermanfaat

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment