Thursday, 17 June 2010

Anda Ingin Menjadi Pengarang Buku?

Ada info menarik bagi anda yang ingin menjadi Pengarang Buku
(Sengaja saya pasang foto saya, karena saya ingin suatu saat bisa mengisi di sampul buku karangan saya sendiri...narsis...heheee...)

Siapa yang tidak kenal Jubilee Entreprise dan SmitDev? Keduanya adalah bendera publisher agency yang menguasai pangsa buku untuk diterbitkan di Elex Media milik Pt Gramedia, anda ingin seperti mereka? sayapun tertarik cuma lagi cari bahan teori yang bisa saya angkat dengan lebih baik dan saya betul-betul menguasainya, mungkin kedengarannya susah karena tentunya pihak penerbit akan menyeleksinya secara ketat.
 
Jadi begini cara kerja dan aturan main yang diterapkan:

1. Jika anda bisa menulis buku, dan tertarik untuk menjadi penulis buku yang diterbitkan Elex Media, anda bisa mengirimkan contoh tulisan anda yang punya karakter kuat, dengan bidang penulisan seputar Internet dan kawan2 (Internet, Wordpress, Adsense, SEO, Blogger, Plurk, Twitter, Koprol, Foursquare dsb), Gadget seperti Blackberry dan Smartphone lain, Office (word, excel, powerpoint dkk).

2. Jika tulisan anda dianggap bermutu, agency akan memberikan judul baru kepada anda untuk dikembangkan menjadi tulisan dan buku. Judul ini tentu hasil meeting dan permintaan dari penerbit Elex Media. Mengapa begitu? Ini untuk mempercepatkan saja editing dan marketing. Soalnya jika kita mengajukan judul sendiri, belum tentu diterima oleh penerbit besar.

3. Hubungan pengarang dan agency bersifat freelance. Artinya, tidak ada gaji tetap. Agency hanya minta komisi 25% dari total royalti yang menjadi milik pengarang. Ini berarti, nama pengarang yang tetap dicantumkan dan berhak penuh atas royalti buku tersebut.

4. Agency hanya melakukan pekerjaan tambahan bagi si pengarang sebagai berikut: membuat layout buku, menyediakan sampul buku sesuai trade mark agency, editing naskah dan negosiasi dengan pihak Elex Media.

Jika nanti buku berhasil terbit, maka pemotongan komisi dilakukan ketika pembayaran royalti pertama. Untuk royalti selanjutnya, semua menjadi milik pengarang buku.

Gimana, tertarik? Bisa kasih komentar di bawah ini ya..banyak hal yang bisa membuat orang sukses..so jangan takut untuk mencoba..

Semoga bermanfaat

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment