Tuesday, 1 June 2010

3 Prinsip Utama Riset Pasar Di Internet

Riset pasar merupakan bagian penting yang harus Anda lakukan sebelum memasarkan suatu produk di internet. Ini untuk mengetahui bagaimana potensi peta pasar yang akan kita bidik, apakah potensial atau malah sebaliknya.
 Pembahasan mengenai riset pasar ini juga merupakan yang sangat vital dalam kegiatan internet marketing, karena akan sangat menentukan langkah sukses penjualan produk Anda selanjutnya.

Setidaknya ada 3 prinsip utama yang harus kita ketahui yang melandasi kegiatan riset pasar ini. Apa saja itu ?

Silahkan simak uraian berikut ini :

# Tentukan Target Market
Target marketing atau biasa disebut bidikan pasar adalah target dimana anda Akan memasarkan produk.

Yang meliputi :
Apakah terdiri dari semua golongan seperti pada bisnis pulsa, dimana semua golongan menggunakannya mulai dari anak kecil sampai orang dewasa, laki-laki juga perempuan atau hanya orang-orang tertentu seperti  menjual produk butik, kebaya dan sejenisnya yang hanya disukai kaum hawa ?

Semua tergantung keadaan, tempat, kemudahan dan pastinya sesuai dengan kondisi Anda. Target marketing ini juga menentukan wilayah di area mana saja produk Anda bisa dipasarkan.
Seperti contoh diatas, jika target Anda adalah untuk umum seperti bisnis pulsa elektrik, maka target pemasaran Anda bisa lebih mudah dan leluasa karena tidak membutuhkan infrastruktur dan biaya transportasi yang begitu membebani, sehingga semua orang bisa dengan mudah melakukan transaksi tanpa harus diributkan soal budget operasional dan sejenisnya.

Lain halnya jika Anda memasarkan produk seperti mobil, maka Anda harus menentukan wilayah tertentu dimana mobil Anda akan di jual. Begitupula ketika anda menyewakan sebuah mobil (rent car), maka harus sesuai dengan wilayah Anda. Misalkan saja wilayah Anda di Surabaya, maka untuk memasarkan sewaan mobil tersebut Anda harus bisa mencari orang di Surabaya atau sekitarnya.

Saya kira Anda fahamkan maksud pernyataan diatas… ?

# Tentukan Banyaknya Pencarian
Setelah Anda mengetahui dan menetapkan target market Anda, tahapan selanjutnya adalah mencari tahu berapa banyak orang yang memerlukan (mencari) produk Anda.
Percuma saja dong anda punya produk tapi minim pencari, atau bahkan tidak ada yang mencarinya ?, sama saja jualan tanpa pembeli di siang bolong.

Dalam hal ini Anda harus tahu apa sebenarnya kebutuhan suatu pasar. Ingat prinsip demand, yakni menjual berdasarkan permintaan suatu pasar, bukan sekedar punya produk dan memasarkan secara asal-asalan.

Oleh karena itu, sebelum meluncurkan produk… jauh-jauh hari setidaknya Anda harus bisa memprediksi perkiraan orang yang mencarinya sehingga modal yang Anda keluarkan bisa segera menjadi pemasukan (profit).

# Tentukan Tingkat Persaingan
Setelah perkiraan jumlah pencarian Anda temukan…langkah selanjutnya adalah mengetahui tingkat persaingan dalam pasar tersebut.

Semakin luas dan besar pasar yang Anda bidik, semakin banyak saingan yang akan Anda hadapi, sebaliknya semakin kecil pasar yang Anda bidik, maka semakin sedikit saingan yang akan Anda hadapi.

Prinsipnya adalah pilihlah pasar yang besar dan luas tapi minim kompetisi dan banyak pencari. Akan tetapi mencari pasar seperti ini sedikit bahkan memang susah, mengapa ?

Sudah bukan rahasia lagi orang akan menyerbu pasar demikian karena memang banyak pencarinya, jika Anda merasa mampu bersaing dengan mereka, mengapa tidak ? karena memang sangat menguntungkan.

Tapi sebaliknya jika Anda tahu dan sadar bahwa Anda belum bisa bersaing dengan mereka, maka solusinya adalah mencari pasar kecil (nich) namun juga ada peminatnya meskipun tidak sebesar seperti pasar sebelumnya, dengan pertimbangan Anda telah melakukan riset banyaknya pencarian produk Anda di level ini.

Semoga Bermanfaat

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment