Monday, 24 May 2010

Strategi Pemasaran dalam Perspektif Bisnis

Strategi pemasaran yang bisa digunakan untuk menjual product bisnis Anda :

Penjualan Konvensional
Penjualan yang biasa terjadi di mana setiap tangan (reseller) akan meraih untung dari product yang dijual. Contohnya adalah product yang dijual di toko-toko atau supermarket.
Konsinyasi
Sering digunakan banyak penjual atau perusahaan atau yang disebut dengan istilah titip jual. Perusahaan menitipjualkan product mereka kepada reseller. Contohnya adalah buku-buku di toko buku yang besar, atau warung makan yang besar.

Direst Selling
Merupakan strategi penjualan untuk memasarkan product langsung kepada konsumen, tidak lagi melewati tangan per tangan. Contohnya penawaran kartu kredit, asuransi, membership card, product bank dan sebagainya.

Telemarketing
Berarti jualan jarak jauh, biasanya menitikberatkan kepada penjualan melalui suara. Contohnya bank penerbit kartu kredit ataupun perusahaan computer yang besar.

Member Get Member (MGM)
Strategi yang memanfaatkan konsumen yang ada untuk meraih konsumen baru. Hampir semua penerbit atau perusahan telepon pernah menggunakan trik ini.

Cross Selling
Berarti menjual product lain kepada konsumen yang sama secara langsung. Hampir sama seperti MGM, yang lebih berfokus kepada konsumen.

Take One Boxes
Merupakan strategi penjualan yang sederhana, namun sangat efektif, karena metode ini selalu standby setiap saat dan biayanya kecil. Contohnya dalam penawaran kartu kredit, membership, dan property dengan menyebar brosur dan form aplikasi.

TV Shopping
Berarti penjualan melalui televisi. Contohnya di Indonesia, ada DRTV atau media TV shopping lainnya.

Mail Order
Merupakan penjualan yang dilakukan melalui pos atau kiriman surat. Contohnya adalah penjualan product asesoris, asesoris kecantikan, dan lain-lain.

Telepon Shopping
Tidak ada tenaga pemasar langsung seperti di telemarketing, yang ada hanya tenaga penjual yang menerima telepon. Hampir mirip dengan mail order, hanya saja pembayaran telepon shopping melalui cash, transfer atau kartu kredit setelah barang diterima.

Company Referral
Strategi yang memanfaatkan perusahaan lain yang produknya berbeda, namun masih ada kaitannya product yang akan dipasarkan dari perusahaan Anda. Contohnya toko computer yang menawarkan jasa ISP (Internet Service Provider).

Multi Level Marketing (MLM)
Banyak tips untuk menjalankan strategi MLM. Namun, yang terpenting, jika sudah mengikuti satu jaringan MLM, maka ada larangan untuk tidak mengikuti MLM lainnya.

E-Commerce
Strategi penjualan melalui Internet, walau tanpa product yang ditawarkan sekalipun. Contohnya beritanet.com, andipublisher.com, dan sebagainya.

Program Afiliasi
Merupakan program penjualan yang memasang banner iklan situs perusahaan ke perusahaan lainnya. Program afiliasi ini juga disebut company referral era dunia maya.

Viral Marketing
Merupakan gabungan dari program pemasaran jaringan dan Internet. Pemasaran yang dimaksud bukan MLM, bukan sekedar e-commerce, dan dilaksanakan secara offline dan online.

BeritaNet.com

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment