Friday, 7 May 2010

SEO atau Pay Per Click ( PPC ) ?

Ada 2 strategi dan teknik promosi yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan visitor, yaitu dengan Search Engine Optimization (SEO) atau dengan Pay Per Click (PPC).
 
1. Search Engine Optimization (SEO)
SEO merupakan teknik promosi yang murah dan menjadi primadona di kalangan para pelaku bisnis online. Alasannya selain biaya murah, SEO dapat memberikan traffic gratis
menuju website atau blog kita. Teknik SEO ini pada dasarnya membuat website atau blog kita disenangi oleh search engine.

2. Pay Per Click (PPC)
Promosi berbayar ini dapat kita lakukan dengan mendaftarkan iklan di Google Adwords atau PPC local seperti Kliksaya, AdsenseCamp, KumpulBlogger, dll. Perhitungannya pembayarannya adalah dari setiap kali iklan kita di klik oleh orang lain. Yang paling menarik dari PPC ini adalah Google Adwords, karena Google akan menempatkan iklan situs kita di urutan pertama atau halaman pertama hasil pencarian SERP. Itu artinya kita tidak perlu susah payah menerapkan SEO tetapi bisa menempati halaman pertaman hasil pencarian search engine. Dengan demikian diharapkan akan memberikan traffic yang tinggi sehingga penjualan lebih meningkat.

Nah, dari kedua cara diatas boleh dikatakan bahwa ada 2 cara promosi internet yaitu cara cepat dengan biaya dan cara lambat tapi membutuhkan kerja keras.

Cara cepat ini relatif sangat cepat dan cocok untuk anda yang ingin berpromosi tanpa harus bersusah payah dan kerja keras, namun anda harus merogoh kocek untuk itu. Bahkan, bukan tidak mungkin setelah anda mengeluarkan banyak uang untuk promosi namun anda tidak menghasilkan penjualan.

Atau jika anda memiliki banyak waktu untuk berpromosi di internet, menerapkan SEO adalah pilihan lainnya. Namun anda harus sabar, perlu belajar dan memantapkan teknik SEOanda. Jika SEO anda kurang baik atau mungkin aja gak ngerti tekniknya, anda bisa menyewa ahli SEO untuk mengutak-atik situs anda.

Lalu teknik promosi mana yang anda pilih untuk menunjang bisnis online internet? dengan SEO atau PPC?

Semoga bermanfaat

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment